Peranan Seorang Administrasi Sistem Bagi Peningkatan Kualitas Layanan Kemahasiswaan Universitas Papua. project2 ad.sis-S1
project2 ad.sis-S1
Peranan Seorang Administrasi Sistem
Bagi Peningkatan Kualitas Layanan Kemahasiswaan Universitas Papua
Ok Guys
sebelum kita membahas judul yang di atas, mari kita mencari tahu dulu apa sih
itu administrasi sistem? Dan apa saja sih yang tugas yang mereka kerjakan?.
Jadi mari kita bahas dan pelajari sama-sama penjelasannya.
Administrasi
berasal dari dua bahasa yaitu bahasa latin dan bahasa inggris, dalam bahasa
latin kata administrasi terbagi atas dua kata yaitu “ad” dan “ministrate” yang
dimana memiliki arti pemberian jasa bantuan dan dalam bahasa inggrisnya disebut
“administration” yang artinya “ to serve” yang berarti melayani dengan
sebaik-baiknya. Sehingga dari beberapa pengertian tersebut kita dapat simpulkan bahwa
administrasi sistem jaringan adalah ilmu
yang mempelajari tentang bagaimana mengatur, mengkonfigurasi dan memanajemen
sistem jaringan beserta layanan-layanan jaringan menggunakan sistem operasi
khususnya jaringan. Adapun pengertian lain menurut “Emon chupunk” dalam
blogernya, administrasi sistem adalah aspek yang berkaitan erat pada faktor
brainware. Administrasi sistem ini juga di tangani oleh komputer server dengan
banyak layanan atau service yang di tunjukan untuk melayani penggunanya.
Nah sekarang
kita akan membahas tugas dari seorang administrasi sistem tersebut. Seorang
administrasi sistem disebut juga sebagai administrator atupun admin memiliki tugas untuk melakukan administrasi
terhadap sistem, melakukan pemeliharaan sistem, memiliki kewanangan mengatur
hak akses terhadap sistem, serta hal-hal lainnya.
Tugas seorang administrasi
sistem adalah sebagai berikut:
- Merancang dan melakukan instalasi hardware dan software
- Mendefinisikan dan megidentifikasikan atribut yang digunakan oleh
user
- Melakukan dokumentasi konfigurasi sistem
- Menjaga tingkat keamanan instalasi komputer
- Melakukan tuning kinerja sistem komputer
- Meyakinkan infrastruktur dan jaringan komputer dalam keadaan baik
- Melakukan backup dan restore
- Menjawab masalah teknis dan memecahkan masalah
- Melakukan audit software dan hardware
- Mengidentifikasi ancaman dan tanggap terhadap isu yang berhubungan
dengan sistem
- Mengenalkan teknologi baru kepada user dalam sistem yang tengah
digunakan
- Resiko apa yang ditimbulkan jika administrator melakukan kesalahan?
Apabila tugas di atas tidak
optimal dilakukan maka akan ada beberapa risiko yang dapat timbul di antaranya
adalah:
- Pemanfaatan sumber daya komputer tidak optimal.
- Kerusakan dan kehilangan data.
- Pembiasan informasi yang diharapkan menjadi penunjang keputusan.
- Kehilangan daya tanggap dan kenyamanan dalam penggunaan komputer.
Nah sekarang kita masuk ke topik utama kita,
apa sih peranan seorang administrasi
sistem bagi peningkatan kualitas layanan kemahasiswaan Universitas Papua. Nah
dengan adanya peran dari seorang administrator di sebuah lembaga pendidikan salah
satunya di kampus atau Universitas itu sendiri dapat membantu dalam hal
implementasi, memanajemen, memecahkan masalah, dan pendidikan mandiri. Adapun Mahasiswa
juga mendapatkan layanan-layanan dengan keamanan yang dapat memudahkan
mahasiswa seperti melakukan pengurusan berkas berkas secara online melalui
situs-situs web yang sudah disiapkan oleh administrator dan situs web ini
hanya khusus dapat diakses oleh Mahasiswa-mahasiswa itu sendiri. Dan dengan
tersedianya aset-aset yang diperlukan pada lembaga pendidikan yang dapat
menunjang kebutuhan dan dapat mengembangkan potensi dari mahasiswa itu sendiri
sesuai bidang yang dikuasainya. Dan dengan adanya peningkatan-peningkatan
kualitas ini dapat membuat mahasiswa/mahasiswinya merasakan kepuasan atas
peningkatan layanan yang diberikan oleh pihak kampus itu sendiri.
Komentar
Posting Komentar